Diskusi Kelompok “Media Perpustakaan dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar”
Diskusi Kelompok
“Media
Perpustakaan dan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar”
Moderator : Ichsan Mubaedi (10411016)
Notulen : Galih Latiano (10411011)
Pemakalah : Hamsah Ahmad Zaky (10411018)
Chandra Wicaksana (10411014)
Anggota : Irfan Yanuar Arifin (10411003)
Anggi Jatmiko (10411033)
Ahmad Syauqi Nur (10411029)
Dani Ismantoko (10411036)
Satria Karimul Qolbi (10411034)
Anas Arrosyid (10411020)
Moh. Wifaqul Idaini (10411009)
Hasil Diskusi :
1.
Irvan Yanuar Arifin
-
Lingkungan
seperti apa yang cocok dijadikan sebagai media pembelajaran?
-
Semua
lingkungan cocok selama mendukung materi yang sedang diajarkan serta sesuai
dengan SK dan KD serta tujuan yang hendak dicapai.
-
Jelaskan
peran perpustakaan dalam pembelajaran?
-
Perpustakaan
merupakan upaya untuk memelihara dan meningkattkan efisiensi dan efektifitas
proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan
sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan
bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.
Hal ini, trekait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan
metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah
penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan
2.
Galih Latiano
-
Apa
saja yang perlu direncanakan dalam pembuatan perpustakaan yang baik di sekolah?
-
Perencanaan
yang baik dalam pembuatan perpustakaan di sekolah adalah dengan memperhatikan
ketersediaan sumber daya yang ada di lingkungan sekolah serta menyediak
buku-buku yang diperlukan serta system manajemen yang baik.
3.
Satria Karimul Qolbi
-
Menurut
Anda bagaimana perbedaan antara pengaruh lingkungan di desa dan kota?
-
Jika dilihat secara kasat mata makan
siswa di kota lebih baik dalam menerima informasi untuk belajar karena
ketersediaan akses yang cepat. Namun demikian pada dasarnya bukan itu yang
terlalu berpengaruh karena yang paling berpengaruh adalah semangat dalam diri
siswa untuk belajar, jadi siswa desa juga tidak akan kalah dari siswa kota.
4.
Anas Arrosyid
-
Bagaimana
cara memaksimalkan kegiatan “karya wisata” untuk pembelajaran?
-
Yaitu dengan pendampingan dari
masing-masing guru terhadap siswa serta dalam karya wisata siswa diberi tugas
untuk melakukan observasi dan tentu hal tersebut disertai dengan pengawasan
dari guru pembina.
5.
Anggi Jatmiko
-
Bagaimana
cara menumbuhkan minat baca siswa!
-
Adapun tujuan dengan
adanya Laboratorium Agama bagi siswa maupun mahasiswa yaitu:
1. Menyediakan
Perpustakaan yang Dikelola dengan Baik
2. Mempromosikan
Gerakan Gemar Membaca di Lingkungan Sekolah
3.
Memberikan Penghargaan (Hadiah) untuk siswa
yang Rajin Membaca
6.
Dani Ismantoko
-
Sebutkan
tujuan perpustakaan bagi siswa atau mahasiswa?
-
Adapun tujuan dengan
adanya Laboratorium Agama bagi siswa maupun mahasiswa yaitu:
1. Menyediakan
Perpustakaan yang Dikelola dengan Baik
2. Mempromosikan
Gerakan Gemar Membaca di Lingkungan Sekolah
3.
Memberikan Penghargaan (Hadiah) untuk siswa
yang Rajin Membaca
7.
Moh. Wifaqul Idaini
-
Bagaimana
Standar Minimal perpustakaan yang baik!
-
untuk
bisa menciptakan sebuah perpustakaan sekolah yang baik maka dalam susunan
organisasi sekolah perpustakaan harus berada langsung dibawah kepala sekolah.
Hal ini dimaksudkan agar setiap ide kreatif dari kepala perpustakaan mengenai
perpustakaan bisa langsung sampai ke kepala sekolah, dan kebijakan kepala
sekolah mengenai perpustakaan bisa langsung sampai ke kepala perpustakaan.
8.
Ichsan Mubaedi (10411014)
-
Bagaimana
cara memaksimalkan fasilitas yang ada untuk proses pembelajaran bagi sekolah
yang serba terbatas dari segi SDM maupun SDA!
-
Kita bias mencontoh
film “lascar pelangi” di mana guru dan siswa tidak terbatasi oleh keadaan.
Selama ada kemauan dan semangat serta doa pasti kita bisa memaksimalkan potensi
yang kita miliki serta untuk media kita bisa belajar di lingkungan alam bebas.
0 comments: