MEDIA LEMBAR KERJA SISWA


MEDIA LEMBAR KERJA SISWA
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Pengantar Media PAI
Dosen Pengampu: Dr. Sukiman, M.Ag
Disusun Oleh Kelompok VIII:
Eman Roheman           V PAI A / 10411004
Galih Latiano              V PAI A / 10411011
Imalia Yoni P.             V PAI A / 10411019
Anas Arrosyid             V PAI A / 10411020
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2012
Lembar Kerja Siswa
Untuk Kelas XII Semester I
Madrasah Aliyah
“ Toleransi “
A.    Identitas
Nama Sekolah                   : SMA / MA
Mata Pelajaran                  : Al-Qur’an
Kelas / Semester                : XII / I
B.     Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
C.    Kompetensi Dasar
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS. al Kafiiruun
D.    Indokator
1.      Siswa mampu membaca QS. Al-Kafirun
2.      Siswa mampu menjelaskan kandungan isi QS. Al-Kafirun
3.      Siswa mampu menampilkan contoh perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari
E.     Materi Pokok
1.      QS. Al-Kafirun
2.      Kandungan isi QS. Al-Kafirun.
3.      Contoh perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
F.     Ringkasan Materi
Al Qur’an Tentang Toleransi
Surat al-Kafirun
A.    QS. Al-Kafirun ayat 1-6
Surat al-Kaafirun terdiri atas 6 ayat surat dan merupakan surat yang ke 109. Surat al-Kafirun termasuk golongan surat-surat Makkiyyah sesudah surat al-Maa’uun. Surat ini dinamai al Kaafirun (orang-orang Kafir) karena diambil dari perkataan Al-Kaafiruun yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
۰۱ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
 ۰٢ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
۰٣ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
۰٤ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
۰٥ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُد
۰٦ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."
1.    Katakanlah: "Hai orang-orang kafir!"
2.    aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
3.     Dan kamu bukan penyembah Ilah yang aku sembah
4.    Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5.     dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Ilah yang aku sembah
6.    Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku. [QS. Al-Kafiruun : 1-6]
B.     Kandungan QS. Al-Kafiruun ayat 1-6
Secara umum, surat al-Kafirun memiliki dua kandungan utama. Pertama, ikrar kemurnian tauhid, khususnya tauhiduluhiyah (tauhid ibadah). Kedua, ikrar penolakan terhadap semua bentuk dan praktek peribadatan kepada selain Allah, yang dilakukan oleh orang-orang kafir. Secara keseluruhan QS. Al-Kafirun mengajarkan tentang sikap pengakuan terhadap kemajemukan dalam hal beragama namun bukan pengakuan pembenaran terhadap agama lain. Kaum mukminin dibolehkan bergaul, berhubungan, berinteraksi dan bekerjasama dengan kaum pegikut agama lain dalam berbagai bidang kehidupan umum, seperti bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, bisnis dan perdagangan, politik, pemerintahan dan kenegaraan, dan lain-lain. Yang jelas semua bidang selain bidang khusus agama yang mencakup masalah aqidah dan ibadah.
C.    Contoh Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup
1.      Dalam Kehidupan Sekolah
a.    Mematuhi tata tertib sekolah.
b.    Saling menyayangi dan menghormati sesama pelajar.
c.    Berkata yang sopan atau menyinggung perasaan orang lain.
2.      Dalam Kehidupan di Masyarakat
a.    Adanya sikap saling menghormati dan menghargai antara pemeluk agama.
b.    Tidak membeda-bedakan suku, ras atau golongan.
3.      Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
a.    Merasa senasib sepenanggungan.
b.    Menciptakan persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan atau nasionalisme.
c.    Mengakui dan menghargai hak asasi manusia
G.    Tugas
             I.      Test Kognitif
A.    Menjodohkan - Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cara menjodohkan pernyataan di kolom sebelah kanan dengan jawaban di kolom sebelah kiri!
1.      Sikap menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di antara umat.
a.       Toleransi di sekolah
b.      Makiyyah
2.      Berkata yang sopan atau menyinggung perasaan siswa lain.
c.       Toleransi
d.      Madaniyyah
3.      Surat-surat yang diturunkan di Makkah
e.       Tauhidurububiyah
4.      Tauhid dalam hal ibadah
f.       QS. Al-Kafirun ayat 2
5.      لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
g.      Tauhiduluhiyah
B.     Pilihan Benar Salah - Berikan tnda silang (X) pada jawaban B bila Benar dan S bila Salah dari pernyataan di bawah ini!
1.      B – S.     Surat al-Kafirun terdiri dari 6 ayat dan termasuk golongan surat-surat Makiyyah.
2.      B – S.     Kandungan utama surat al-Kafirun diantaranya adalah ikrar kemurnian tauhid dan ikrar penolakan terhadap semua bentuk dan praktek peribadatan kepada selain Allah.
3.      B – S.     QS. Al-Kafirun mengajarkan tentang sikap pengakuan terhadap kemajemukan dalam hal beragama.
4.      B – S.     Agama islam memperbolehkan bekerja sama dengan pemeluk agama lain dalam hal ibadah.
5.      B – S.     Menciptakan persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan atau nasionalisme merupakan salah satu contoh sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.
C.    Uraian - Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1.      Tuliskan QS. Al-Kafirun ayat 1-6 lengkap dengan syakalnya!
2.      Sebutkan 2 kandungan kandungan utama surat al-Kafirun!
3.      Jelaskan penegasan ayat kedua dan keempat dari surat al-Kafirun!
4.      Jelaskan konsep toleransi dalam Islam surat al-Kafirun!
          II.      Test Afektif
A.    Coba siswa analisis gambar di bawah ini bila dikaitkan dengan anjuran bertoleransi dalam QS. Al-Kafirun !
7g2Kp3c1rt.jpg
Jelaskan praktik gambar di atas terkait dengan isi kandungan QS. Al-Kafirun tentang anjuran bertoleransi dan ungkapkan sikap Anda terhadap gambar tersebut?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
B.     Apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan surat Al-Kafirun jika kamu menjumpai kondisi seperti di bawah ini :
No
Pernyataan
Perbuatan yang harus dilakukan
1
Mendengar berita kematian teman yang berbeda agama
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
2
Melihat siswa kulit hitam yang diejek diantara siswa lainnya
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
3
Berkunjung ke rumah teman yang berbeda agama
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
4
Berbeda pendapat ketika berdiskusi dalam kelompok
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
5
Bersekolah di lingkungan yang ekonominya di atas kita
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
       III.      Test Psikomotorik
1.      Bacalah QS. Al-Kafirun beserta terjemahannya dengan baik dan benar !
D.    Pedoman Penilaian
             I.        Test Kognitif
A. Menjodohkan
           Kriteria Penilaian
Skor
-          Menjodohkan secara tepat dan benar pernyataan di kolom sebelah kanan dengan kolom sebelah kiri
-          Salah menjodohkan pernyataan di kolom sebelah kanan dengan kolom sebelah kiri
@ x 5
0
               Total  Skor
25
B.  Pilihan Benar Salah
           Kriteria Penilaian
Skor
-          Menjawab dengan benar salah satu pilihan benar atau salah
-          Salah menjawab salah satu pilihan benar atau salah
@ x 5
0
               Total  Skor
25
C. Uraian
No. Soal
Kriteria Penilaian
Skor Maksimal
Skor Perolehan
1.
-       Siswa menulis QS. Al-Kafirun dengan benar dan dengan syakal
-       Siswa menulis QS. Al-Kafirun dengan benar namun tanpa syakal
-       Siswa menulis QS. Al-Kafirun namun syakalnya salah
-       Siswa menjawab salah
10
5
7
2
10
...
2.
-       Siswa menyebutkan dua kandungan QS. Al-Kafirun dengan benar
-       Siswa hanya menyebutkan salah satu kandungan QS. Al-Kafirun
-       Siswa menyebutkan kedua kandungan QS. Al-Kafirun tapi kurang tepat
-       Siswa menjawab salah
10
5
7
2
10
...
3.
-       Siswa menjelaskan kandungan ayat ke-2 dan ke-4 dengan lengkap dan benar
-       Siswa menjelaskan kurang lengkap
-       Siswa menjawab salah
10
6
2
10
...
4.
-       Siswa menjelaskan konsep toleransi dalam Islam dengan lengkap dan benar
-       Siswa menjelaskan kurang lengkap
-       Siswa menjawab salah
10
6
2
10
...
5.
-       Siswa menyebutkan masing-masing 2 contoh sikap toleransi dalam ketiga aspek dengan benar
-       Siswa hanya menyebutkan dalam salah satu aspek
-       Siswa menjawab salah
10
4
2
10
...
Total  Skor
50
...
Rumus :
Total Skor Test Kognitif = Skor A + Skor B + Skor C
      II.            Test Afektif
Jawaban boleh bermacam-macam, namun pada pokok jawabannya dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Kriteria Penilaian ( A )
Skor Maksimal
Skor Perolehan
-          Menjelaskan perilaku tawuran dalam gambar dikaitkan dengan sifat toleransi
-          Sikap yang akan ditunjukkan terhadap kasus tawuran
10
15
...
Total Skor
25
Kriteria Penilaian ( B )
Skor Maksimal
Skor Perolehan
-          Menjelaskan perbuatan dan sikap yang akan ditunjukkan terhadap kondisi
@ 5
...
Total Skor
5 x 5 = 25
Rumus :
Total Skor Test Afektif = Skor A + Skor B
   III.            Test Psikomotorik
No.
Aspek yang dinilai
Skor Maksimal
Skor perolehan
1.
Membaca
a.       Tajwid
10
...
b.      Kelancaran membaca
10
...
2.
Menghafal
a.       Tajwid
10
...
b.      Kelancaran menghafal
10
...
3.
Mengartikan
a.       Ketepatan dalam mengartikan
10
...
Skor Maksimal
50
...
Rumus :
Total Skor Test Psikomotorik = Skor Membaca + Skor Menghafal + 
                                                         Skor Mengartikan

0 comments:

Media Power Point "Toleransi"