MEDIA LEMBAR KERJA SISWA
MEDIA LEMBAR KERJA SISWA
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Pengantar Media PAI
Dosen Pengampu: Dr. Sukiman, M.Ag
Disusun Oleh Kelompok VIII:
Eman
Roheman V PAI A / 10411004
Galih
Latiano V PAI A / 10411011
Imalia
Yoni P. V PAI A / 10411019
Anas
Arrosyid V PAI A / 10411020
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2012
Lembar Kerja Siswa
Untuk Kelas XII
Semester I
Madrasah
Aliyah
“
Toleransi “
A.
Identitas
Nama Sekolah : SMA / MA
Mata Pelajaran : Al-Qur’an
Kelas / Semester : XII / I
B.
Standar Kompetensi
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi
C.
Kompetensi Dasar
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam
QS. al Kafiiruun
D.
Indokator
1. Siswa mampu membaca QS. Al-Kafirun
2. Siswa mampu menjelaskan kandungan isi
QS. Al-Kafirun
3. Siswa mampu menampilkan contoh perilaku
toleransi dalam kehidupan sehari-hari
E.
Materi Pokok
1. QS. Al-Kafirun
2. Kandungan isi QS. Al-Kafirun.
3. Contoh perilaku toleransi dalam
kehidupan sehari-hari.
F.
Ringkasan Materi
Al
Qur’an Tentang Toleransi
Surat al-Kafirun
A.
QS. Al-Kafirun ayat 1-6
Surat al-Kaafirun
terdiri atas 6 ayat surat dan merupakan surat yang ke 109. Surat al-Kafirun
termasuk golongan surat-surat Makkiyyah sesudah surat al-Maa’uun. Surat ini
dinamai al Kaafirun (orang-orang Kafir) karena diambil dari perkataan
Al-Kaafiruun yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
۰۱ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
۰٢ لَا أَعْبُدُ مَا
تَعْبُدُونَ
۰٣ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
۰٤ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
۰٥ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُد
۰٦ لَكُمْ
دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
“ Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."
1.
Katakanlah:
"Hai orang-orang kafir!"
2.
aku tidak
akan menyembah apa yang kamu sembah
3.
Dan kamu bukan penyembah Ilah yang aku sembah
4.
Dan aku
tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
5.
dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Ilah yang aku sembah
6.
Untukmulah agamamu,
dan untukkulah agamaku.
[QS. Al-Kafiruun : 1-6]
B.
Kandungan QS. Al-Kafiruun ayat 1-6
Secara umum, surat
al-Kafirun memiliki dua kandungan utama. Pertama, ikrar kemurnian tauhid,
khususnya tauhiduluhiyah (tauhid ibadah). Kedua, ikrar penolakan terhadap semua
bentuk dan praktek peribadatan kepada selain Allah, yang dilakukan oleh
orang-orang kafir. Secara keseluruhan QS. Al-Kafirun mengajarkan tentang sikap
pengakuan terhadap kemajemukan dalam hal beragama namun bukan pengakuan
pembenaran terhadap agama lain. Kaum mukminin dibolehkan bergaul, berhubungan,
berinteraksi dan bekerjasama dengan kaum pegikut agama lain dalam berbagai
bidang kehidupan umum, seperti bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, bisnis
dan perdagangan, politik, pemerintahan dan kenegaraan, dan lain-lain. Yang
jelas semua bidang selain bidang khusus agama yang mencakup masalah aqidah dan
ibadah.
C.
Contoh Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup
1.
Dalam Kehidupan Sekolah
a. Mematuhi
tata tertib sekolah.
b. Saling
menyayangi dan menghormati sesama pelajar.
c. Berkata
yang sopan atau menyinggung perasaan orang lain.
2. Dalam
Kehidupan di Masyarakat
a. Adanya
sikap saling menghormati dan menghargai antara pemeluk agama.
b. Tidak
membeda-bedakan suku, ras atau golongan.
3. Dalam
Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
a. Merasa
senasib sepenanggungan.
b. Menciptakan
persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan atau nasionalisme.
c. Mengakui
dan menghargai hak asasi manusia
G. Tugas
I.
Test Kognitif
A.
Menjodohkan - Jawablah pertanyaan di bawah
ini dengan cara menjodohkan pernyataan di kolom sebelah kanan dengan jawaban di
kolom sebelah kiri!
1.
Sikap menghormati dan menghargai perbedaan yang ada di
antara umat.
|
a.
Toleransi di sekolah
b.
Makiyyah
|
2.
Berkata yang sopan atau menyinggung perasaan siswa lain.
|
c.
Toleransi
d.
Madaniyyah
|
3.
Surat-surat yang diturunkan di Makkah
|
e.
Tauhidurububiyah
|
4.
Tauhid dalam hal ibadah
|
f.
QS. Al-Kafirun ayat 2
|
5.
لَا
أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
|
g.
Tauhiduluhiyah
|
B.
Pilihan Benar Salah - Berikan tnda silang (X) pada jawaban B bila Benar dan S bila Salah dari pernyataan di bawah ini!
1. B – S. Surat al-Kafirun terdiri dari 6 ayat dan
termasuk golongan surat-surat Makiyyah.
2. B – S. Kandungan utama surat al-Kafirun
diantaranya adalah ikrar kemurnian tauhid dan ikrar penolakan terhadap semua
bentuk dan praktek peribadatan kepada selain Allah.
3. B – S. QS. Al-Kafirun mengajarkan tentang
sikap pengakuan terhadap kemajemukan dalam hal beragama.
4. B – S. Agama islam memperbolehkan bekerja
sama dengan pemeluk agama lain
dalam hal ibadah.
5. B – S. Menciptakan persatuan dan kesatuan, rasa kebangsaan atau nasionalisme
merupakan salah satu contoh sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Uraian
- Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1.
Tuliskan
QS. Al-Kafirun ayat 1-6 lengkap dengan syakalnya!
2.
Sebutkan
2 kandungan kandungan utama surat al-Kafirun!
3.
Jelaskan
penegasan ayat kedua dan keempat dari surat al-Kafirun!
4.
Jelaskan konsep
toleransi dalam Islam surat al-Kafirun!
II.
Test Afektif
A. Coba siswa analisis gambar di bawah ini bila
dikaitkan dengan anjuran bertoleransi dalam QS. Al-Kafirun !
Jelaskan praktik gambar di atas terkait dengan isi
kandungan QS. Al-Kafirun tentang anjuran bertoleransi dan ungkapkan sikap Anda
terhadap gambar tersebut?
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
B.
Apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan surat Al-Kafirun
jika kamu menjumpai kondisi seperti di bawah ini :
No
|
Pernyataan
|
Perbuatan yang
harus dilakukan
|
1
|
Mendengar berita
kematian teman yang berbeda agama
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
2
|
Melihat siswa kulit
hitam yang diejek diantara siswa lainnya
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
3
|
Berkunjung ke rumah
teman yang berbeda agama
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
4
|
Berbeda pendapat
ketika berdiskusi dalam kelompok
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
5
|
Bersekolah di
lingkungan yang ekonominya di atas kita
|
………………………………………..
………………………………………..
………………………………………..
|
III.
Test Psikomotorik
1.
Bacalah
QS. Al-Kafirun beserta terjemahannya dengan baik dan benar !
D. Pedoman
Penilaian
I.
Test Kognitif
A. Menjodohkan
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
-
Menjodohkan
secara tepat dan benar pernyataan di kolom sebelah kanan dengan kolom sebelah
kiri
-
Salah
menjodohkan pernyataan di kolom sebelah kanan dengan kolom sebelah kiri
|
@ x 5
0
|
Total Skor
|
25
|
B. Pilihan
Benar Salah
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
-
Menjawab dengan
benar salah satu pilihan benar atau salah
-
Salah menjawab
salah satu pilihan benar atau salah
|
@ x 5
0
|
Total Skor
|
25
|
C. Uraian
No. Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan
|
|
1.
|
-
Siswa
menulis QS. Al-Kafirun dengan benar dan dengan syakal
-
Siswa
menulis QS. Al-Kafirun dengan benar namun tanpa syakal
-
Siswa
menulis QS. Al-Kafirun namun syakalnya
salah
-
Siswa
menjawab salah
|
10
5
7
2
|
10
|
...
|
2.
|
-
Siswa
menyebutkan dua kandungan QS. Al-Kafirun dengan benar
-
Siswa
hanya menyebutkan salah satu kandungan QS. Al-Kafirun
-
Siswa
menyebutkan kedua kandungan QS. Al-Kafirun tapi kurang tepat
-
Siswa
menjawab salah
|
10
5
7
2
|
10
|
...
|
3.
|
-
Siswa
menjelaskan kandungan ayat ke-2 dan ke-4 dengan lengkap dan benar
-
Siswa
menjelaskan kurang lengkap
-
Siswa
menjawab salah
|
10
6
2
|
10
|
...
|
4.
|
-
Siswa
menjelaskan konsep toleransi dalam Islam dengan lengkap dan benar
-
Siswa
menjelaskan kurang lengkap
-
Siswa
menjawab salah
|
10
6
2
|
10
|
...
|
5.
|
-
Siswa
menyebutkan masing-masing 2 contoh sikap toleransi dalam ketiga aspek dengan
benar
-
Siswa
hanya menyebutkan dalam salah satu aspek
-
Siswa
menjawab salah
|
10
4
2
|
10
|
...
|
Total Skor
|
50
|
...
|
Rumus :
Total Skor Test Kognitif = Skor A + Skor B + Skor C
|
II.
Test Afektif
Jawaban boleh bermacam-macam,
namun pada pokok jawabannya dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Kriteria Penilaian ( A )
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan
|
-
Menjelaskan
perilaku tawuran dalam gambar dikaitkan dengan sifat toleransi
-
Sikap yang akan ditunjukkan terhadap kasus tawuran
|
10
15
|
...
…
|
Total
Skor
|
25
|
…
|
Kriteria Penilaian ( B )
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan
|
-
Menjelaskan
perbuatan dan sikap yang akan ditunjukkan
terhadap
kondisi
|
@ 5
|
...
…
|
Total
Skor
|
5 x 5 = 25
|
…
|
Rumus :
Total Skor Test Afektif = Skor A + Skor B
|
III.
Test Psikomotorik
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
Skor
perolehan
|
1.
|
Membaca
|
||
a.
Tajwid
|
10
|
...
|
|
b.
Kelancaran
membaca
|
10
|
...
|
|
2.
|
Menghafal
|
||
a.
Tajwid
|
10
|
...
|
|
b.
Kelancaran
menghafal
|
10
|
...
|
|
3.
|
Mengartikan
|
||
a.
Ketepatan
dalam mengartikan
|
10
|
...
|
|
Skor Maksimal
|
50
|
...
|
Rumus :
Total Skor Test Psikomotorik = Skor Membaca + Skor Menghafal +
Skor
Mengartikan
|
0 comments: